Tempat Wisata di Kuala Lumpur Dekat dengan Bandara KLIA

Melanjutkan artikel yang saya buat sebelumnya mengenai perlu tidaknya membuat visa ketika transit di Kuala Lumpur, Malaysia. Maka dengan ini saya buat artikel lanjutannya tentang beberapa tempat wisata di Kuala Lumpur. Khususnya tempat wisata yang tidak jauh dari bandara KLIA (Kuala Lumpur International Airport).

Baca juga >> Pengalaman Transit di Bandara Kuala Lumpur

Artikel ini mungkin berguna bagi kamu yang punya waktu cukup panjang dalam rangka menunggu penerbangan lanjutan dari Kuala Lumpur menuju kota/negara lainnya. Lagipula, sebagai WNI kita bebas visa selama 30 hari di Malaysia. Jadi, kita bebas keluar masuk bandara KLIA untuk menikmati obyek wisata yang ada di dekat sana.

KL-Hop-On-Hop-Off-Route-Maps
Peta rute KL Hop On Hop Off di Kuala Lumpur

Jadi inilah beberapa Tempat Wisata di Kualalumpur yang layak kamu kunjungi ketika sedang transit di bandara KLIA.

1. Kuala Lumpur Tower

Tempat wisata di Kuala Lumpur yang pertama adalah Kuala Lumpur Tower. Tempat ini wajib untuk dikunjungi kalau kamu sedang berada di Kuala Lumpur. Ada sebuah restoran di ketinggian 282 meter yang bisa kamu coba untuk makan bersama kekasih atau keluarga. Kuala Lumpur juga digunakan sebagai menara telekomunikasi, menara pemantau perhitungan kalender Hijriah dan lokasi base jump.

Alamat : Off Jalan P Ramlee, Kuala Lumpur Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, 50250, Malaysia

Kuala Lumpur Tower, Malaysia
Kuala Lumpur Tower, Malaysia

2. Menara Kembar Petronas

Menara Kembar Petronas adalah salah satu simbol dari kota Kuala Lumpur dan juga negara Malaysia. Menara Kembar Petronas menjadi salah satu 20 bangunan tertinggi di dunia. Ada sebuah jembatan penghubung antara kedua menara, Sky Bridge namanya. Dari sinilah keindahan KLCC bisa dilihat.

Menara Kembar Petronas buka setiap hari dari jam 9.00 pagi sampai jam 9.00 malam. Kecuali di hari Jumat ada jeda untuk sholat Jumat sehingga menara ini ditutup dari jam 1 siang hingga jam 2.30 sore.

Alamat: Concourse Level Kuala Lumpur City Centre Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, 50088, Malaysia.

menara-kembar-petronas-kuala-lumpur
Menara Kembar Petronas, Kuala Lumpur

3. Batu Caves

Batu Caves adalah satu tempat wisata di Kuala Lumpur yang wajib kamu kunjungi kalau sedang berada di Kuala Lumpur. Terletak di sisi utara kota Kuala Lumpur, lebih tepatnya di wilayah Selangor. Kalau kamu naik kereta atau bis dari bandara KLIA, kamu akan membelah kota Kuala Lumpur.

Ada banyak patung-patung yang berdiri di tempat ini. Selain itu ada ratusan tangga yang harus kamu daki. Siapkan saja kaki yang kuat untuk melangkah dan air minum yang penuh dalam tumblr.

batu-caves-kuala-lumpur-spot
Batu Caves di Selangor

4. Merdeka Square

Sesuai namanya, Merdeka Square kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu artinya adalah Lapangan Merdeka. Tempat ini adalah tempat dimana dulu negara Malaya mendeklarasikan diri menjadi merdeka dari kolonial Inggris pada tahun 1957.

Kalau di Indonesia ya mirip dengan lapangan Monas atau alun-alun Bandung. Saat ini bangunan di sekitar Merdeka Square digunakan sebagai kantor pemerintahan.

Alamat: Jalan Raya, City Centre Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur 50050, Malaysia

Gedung di depan Merdeka Square
Gedung di depan Merdeka Square

5. Kuala Lumpur City Gallery

Sebuah galeri yang akan membuka mata kamu tentang apa saja yang ada di kota Kuala Lumpur. Ada diorama dan peta yang bisa kamu dapatkan secara gratis di tempat ini. Dari Kuala Lumpur City Gallery kita bisa tahu tempat mana saja yang layak untuk kita kunjungi.

Tempat wisata di Kuala Lumpur yang berupa galeri informasi ini buka setiap hari dari jam 9.00 pagi sampai jam 6.30 malam.

Alamatnya di Dataran Merdeka, 27 Jalan Raya, City Centre Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur 50050, Malaysia.

Website: www.klcitygallery.com.my

kuala-lumpur-city-galery
Kuala Lumpur City Galery

6. Thean Hou Temple

Thean Hou Temple adalah salah satu kuil terbesar dan tertua yang ada di Asia Tenggara. Tempat wisata di Kuala Lumpur yang berupa kuil ini dibangun pada tahun 1894 oleh komunitas China Hainan yang ada di Kuala Lumpur pada masa itu.

Kuil ini berada di atas bukit. Pemandangannya bagus. Cocok untuk foto-foto. Alamatnya di 65 Persiaran Endah, Taman Persiaran Desa Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur 50460, Malaysia.

Website: www.hainannet.com.my/v2/lang/en

thean-hou-temple-kuala-lumpur-malaysia
Thean Hou Temple, Kuala Lumpur

7. Masjid Negara

Masjid Negara Malaysia, kalau di Jakarta ada namanya Masjid Istiqlal. Nah, mirip-mirip itulah ikon masjid ibu kota. Karena dulunya ibukota Malaysia memang di Kuala Lumpur sebelum pindah ke Putrajaya.

Alamat Masjid Negara berada di Jalan Perdana, Tasik Perdana Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur 50480, Malaysia.

masjid-negara-malaysia-di-kuala-lumpur
Masjid Negara Malaysia, Kuala Lumpur

8. Central Market

Central Market kali pertama dibuka pada tahun 1888. Central Market juga dikenal sebagai Pasar Seni. Bagi yang ingin mencari oleh-oleh dari Malaysia, bisa mencarinya di pasar ini. Mulai dari batik Malaysia, seni ukir, dan kesenian modern. Ada lebih dari 300 toko yang menjual cindera mata khas Malaysia.

Central Market buka setiap hari pada pukul 10.00 pagi hingga pukul 9.30 malam.

Alamatnya ada di Jalan Hang Kasturi, City Centre Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur 50050, Malaysia.

Website: www.centralmarket.com.my

central-market-kuala-lumpur-malaysia
Central Market, Kuala Lumpur

9. Tugu Negara

Tugu Negara atau Monuman Nasional ini adalah lambang kemerdekaan negara Malaysia dari kolonial. Tugu Negara ini dikelilingi taman dan kebun bunga. Tugu Negara sendiri terbuat dari batu perunggu dan menjadi bangunan berbahan perunggu tertinggi di Asia.

Tugu Negara bisa kamu kunjungi setiap hari dari Senin sampai Minggu dari jam 7.00 pagi hingga jam 6.00 sore. Alamatnya ada di Jalan Parlimen, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur 50480, Malaysia.

tugu negara malaysia kuala lumpur
Tugu Negara Malaysia, Kuala Lumpur

10. Berjaya Times Square

Berjaya Times Square adalah kombinasi antara mall dan taman bermain indoor. Mirip dengan Trans Studio di Bandung atau di Makassar. Cocok untuk momong anak kecil menikmati wahana bermain.

Alamatnya ada di Berjaya Times Square Imbi Kuala Lumpur, Federal Teritory of Kuala Lumpur, 55100, Malaysia

Website: www.berjayatimessquarekl.com

berjaya-times-square-kuala-lumpur
Berjaya Times Square, Kuala Lumpur, Malaysia

11. Zoo Negara

Kebun binatang negara Malaysia ini berada di kota Kuala Lumpur. Seperti halnya di kota-kota besar lainnya di dunia, kebun binatang adalah lokasi yang bisa kita kunjungi apalagi kalau kita punya anak kecil. Cocok sekali untuk memberikan edukasi tentang dunia binatang kepada anak-anak kita.

Kebun binatang di Kuala Lumpur ini buka setiap hari dari jam 9.00 pagi sampai jam 4.30 sore. Bahkan hari Sabtu-Minggu tutup hingga jam 5.30 sore.

Kebun binatang ini beralamat di Jalan Ulu Kelang, Kemensah Heights Ampang, Selangor, 68000, Malaysia.

Website: www.zoonegaramalaysia.my

zoo-negara-malaysia-map
Peta Zoo Negara Malaysia, Kuala Lumpur

12. KL Butterfly Park

Kawasan ruang terbuka hijau lainnya di Kuala Lumpur adalah KL Butterfly Park. Tempat ini adalah museum hidup sekaligus sebagai taman kupu-kupu. Tempat ini berdampingan dengan KL Bird Park. Koleksi lainnya selain kupu-kupu adalah taman serangga yang juga berada di tempat ini.

KL Butterfly Park buka setiap hari dari jam 9.00 pagi hingga jam 5.30 sore.

Alamat: Jalan Cenderawasih, Tasik Perdana Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur 50480, Malaysia.

Website: www.klbutterflypark.com

KL-Butterfly-Lake-Garden-Map
KL Butterfly Park dan Lake Garden Map

13. KL Bird Park

Kuala Lumpur Bird Park adalah kawasan penangkaran burung di tengah kota yang terbesar di Asia. Luas kawasannya sendiri kurang lebih 20.9 hektar. Di tempat ini ada kurang lebih 200 spesies burung yang bisa kamu lihat.

KL Bird Park buka setiap hari dari jam 9.00 pagi hingga jam 6.00 sore. Beralamat di 920 Jalan Cenderawasih, Tasik Perdana Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur 50480, Malaysia.

Website: www.klbirdpark.com/home

KL Bird Parks Map
KL Bird Parks Map

14. Islamic Art Museum Malaysia

Agama Islam adalah agama resmi di Malaysia. Islamic Art Museum di Malaysia ini adalah yang terbesar di Asia Tenggara. Ada artefak kuno, kerajinan tangan, tulisan, dan sebagainya. Tempat ini cocok untuk belajar tentang Islam yang ada di Asia, khususnya Asia Tenggara.

Koleksi yang ada di museum tersebut berasal dari berbagai mancanegara, diantaranya India, China, Kekaisaran Turki Ottoman, dan Melayu Kuno.

Museum ini buka setiap hari dari Senin sampai Minggu pada jam 9.30 pagi sampai jam 6.00 sore. Untuk alamatnya sendiri berada di Jalan Lembah, Tasik Perdana Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur 50480, Malaysia.

Website: www.iamm.org.my

Islam-Art-Museum-Kuala-Lumpur
Islam Art Museum Kuala Lumpur

15. Bukit Bintang

Bukit Bintang di Kuala Lumpur ini tidak seperti bukit bintang di Gunung Kidul yang menyajikan pemandangan indah kota dari bukit yang tinggi. Bukit Bintang di KL adalah tempat belanja yang penuh dengan toko-toko dan mall yang menjual barang-barang dagangan. Cocok sih memang untuk tempat berburu oleh-oleh.

Cari saja namanya Bukit Bintang, atau tanya pada orang di KL, pasti tahu.

Bukit Bintang Kuala Lumpur
Bukit Bintang Kuala Lumpur

16. Planetarium Negara

Planetarium Negara buka setiap hari, kecuali hari Senin memang libur, dari jam 9.00 pagi hingga jam 4.30 sore. Yang unik dari planetarium di Kuala Lumpur ini adalah arsitekturnya yang memakai arsitektur Islam. Cocok untuk dikunjungi sekalian mengajarkan kepada anak-anak kita tentang ilmu perbintangan.

Alamatnya ada di 53 Jalan Perdana, Tasik Perdana Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur 50480, Malaysia.

Webite: www.planetariumnegara.gov.my

planetarium-negara-malaysia
Planetarium Negara Malaysia, Kuala Lumpur

17. Muzium Negara

Kalau di Jakarta ya Museum Nasional, kalau di Malaysia ada The National Museum. Tempat ini cocok untuk belajar tentang sejarah Malaysia. Mulai dari jaman Neolithicum hingga era perang dunia 2. Belajar tentang kerajaan-kerajaan di Malaysia, sejarahnya dan seluk beluknya.

Alamatnya ada di National Museum of Malaysia, Jalan Damansara, Tasik Perdana, Kuala Lumpur

Muzium Negara Malaysia yang terkoneksi dengan MRT Station
Muzium Negara Malaysia yang terkoneksi dengan MRT Station

18. KL Florest Eco Park

Bosan dengan kondisi Kuala Lumpur yang penuh dengan gedung bertingkat? Eco Park di Kuala Lumpur pas sekali dikunjungi. Jalan-jalan di jalan setapak kayu, menikmati angin segar khas hutan, dan suara burung-burung. Jangan lupa memakai lotion untuk menghindari gigitan nyamuk.

Alamat: Lot 240 Jalan Raya Chulan, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur 50250, Malaysia. 

peta-panduan-kl-forest-eco-park-bukit-nanas
Peta Panduan KL Forest Eco Park Bukit Nanas, Kuala Lumpur

Lokasi-lokasi tersebut dapat dijangkau dengan mudah dalam waktu yang cukup cepat. Ada beberapa alternatif kendaraan yang bisa dipilih antara lain bus, taksi, MRT atau layanan ojek online.

Tempat wisata di Kuala Lumpur ini berada di pusat dan sekitar kota Kuala Lumpur. Kecuali Batu Caves yang memang berada di daerah Selangor. Namun masih bisa dijangkau dengan kendaraan dan tidak terlalu lama. Masih cukup waktunya jika memang rencana transit kamu di Kuala Lumpur cukup lama.

Saya sendiri berencana untuk bisa transit di Kuala Lumpur dalam beberapa hari. Kalau bisa sih dengan keluarga. Sudah punya istri sudah punya baby. Kurang rasanya kalau pergi kemana-mana tak mengajak mereka.

Semoga tulisan tentang tempat wisata di Kuala Lumpur ini berguna bagi teman-teman yang berencana transit di kota Kuala Lumpur. Malaysia memang mudah dijangkau. Dekat dengan Indonesia, ditambah lagi juga bebas visa.

Selamat traveling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *