angkringan galau jogja

Angkringan Galau

Angkringan Galau. Sebuah tempat berkumpulnya 11 orang anak muda. Dengan berbagai latar belakang dan beragam karakter. Sungguh mereka berbeda, namun mimpi mereka satu, “Menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama”.

Angkringan Galau tempat mereka menyambut siapapun yang datang, pun mereka yang pergi. Boleh dibilang tempat ini bukan tempat yang mewah. Angkringan galau menempati bangunan berbentuk rumah Joglo. Kadang disebut juga pendopo. Joglo sendiri adalah rumah adat orang Jawa. Joglo mempunyai kerangka bangunan utama yang terdiri dari soko guru berupa empat tiang utama penyangga struktur bangunan serta tumpang sari yang berupa susunan balok yang disangga soko guru.

Angkringan Galau tidak mempunyai dinding alias terbuka. Dari jalan kita bisa melihat segala aktifitas orang yang berada di dalamnya.  Hal ini berkaitan dengan filosofi orang Jawa yang selalu bersikap ramah, terbuka dan tidak memilih dalam hal menerima tamu. Tempat ini juga tidak diberi kursi, hanya diberi tikar dan meja kecil untuk tamu yang datang dan ingin makan. Ini mengartikan bahwa antara tamu dan yang punya rumah mempunyai kesetaraan dan juga dalam hal pembicaraan atau ngobrol terasa akrab rukun (rukun agawe santosa).

Di Angkringan Galau juga terdapat sebuah proyektor dan layar. Properti ini digunakan untuk menonton film atau nonton bareng (nobar) pertandingan sepakbola.

Di Anggal (disingkat), mereka semua belajar. Ada yang belajar materi kuliah, karena masih ada yang anak kuliahan, ada juga yang belajar usaha, karena mereka berwirausaha. Lebih utamanya mereka belajar tentang kehidupan. Belajar menjadi manusia seutuhnya, belajar menjadi manusia yang benar.

Galau berarti God Always Listening And Understanding. Tuhan selalu mendengar dan mengerti. Mereka semua percaya, bahwa pertemuan mereka di Anggal memang sudah ditakdirkan. Ada banyak kisah disini. All of them based on true story.

Alamat Angkringan Galau

Berada di belakang Kampus Amikom Jogja. Namun saat ini (tahun 2018) sudah tutup. Pemiliknya sudah berganti bisnis warung makan Ayam Geprek Gobyos. Lokasi Ayam Geprek Gobyos juga berada di Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *