trainer and coach

Sekarang Bukan Jamannya Seminar Entrepreneur, Sekarang Jamannya Coaching!

Saya sebagai seorang mahasiswa senang melihat perkembangan dunia kewirausahaan yang bertumbuh bak jamur di musim penghujan. Ada yang langsung mencebur, ada juga yang masih dalam tahap ikut seminar entrepreneur.

Banyak mahasiswa yang mencoba peruntungan menjadi wirausahawan. Mulai dari usaha kecil-kecilan seperti berjualan pulsa, jualan baju via online, bahkan yang sudah besar bisa membuka cafe bahkan warung makan. Sudah sepatutnya ditiru.

Ada satu hal yang sangat disayangkan, yaitu para motivator itu, bisa dibilang orang yang tidak bertanggung jawab. Mereka dengan mudahnya membakar semangat para peserta seminar, disuruh jadi pengusaha, jangan jadi karyawan.

Baca juga tentang:

Disuruh ACTION, ga usah mikir, yang penting action. Semangat terbakar di saat seminar entrepreneur namun tak berbekas ketika esok bangun tidur. Mereka kembali pada rutinitas. 

Semangat membara ketika seminar, hangus tak berbekas ketika seminar usai

Menjadi motivator pun agaknya menjadi tren. Itu yang saya lihat. Banyak sekali kita lihat motivator berlomba-lomba menjadi pembicara. Tapi intinya sama saja, hanya membakar semangat tanpa mau bertanggung jawab. Disuruh action, disuruh jual motor, handphone buat modal.

Ketika bangkrut mereka dengan mudahnya, “Itu pelajaran, biar lebih hati-hati”.

Aihh… Mudahnya bilang begitu.  Menyuruh tapi tak mau bertanggung jawab.

TDA Kampus Jogja
Suasana dalam seminar mampu membakar semangat para peserta

Yang sekarang sedang naik daun adalah coaching atau bisa juga disebut mentoring atau pembimbingan. Sistem ini bukan hanya memotivasi peserta untuk berwirausaha, namun juga membimbing mereka agar tidak terperosok pada jurang kebangkrutan.

Sistem coaching jauh lebih baik dari sekedar seminar wirausaha. Karena disini peserta benar-benar belajar, dibimbing, agar tidak sampai mengalami pahit seperti yang sudah pernah diderita si mentor.

Ada banyak komunitas coaching di dunia wirausaha. Ada Pillar Business Acceleration, Tangan Di Atas (TDA), dan lain sebagainya. Ada pula SRUDUKFOLLOW yang disana kita bisa belajar dari banyak pengusaha sukses, tanpa perlu ada sekat pembatas. Ya, kita bebas bertanya apa saja.

Jadi, bergabunglah dengan komunitas. Belajarlah dari sana. Bukan hanya dari seminar entrepreneur semata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *