Memompa Air ke Gurun Sahara

Melihat keadaan Sudan yang kerontang begini membuat saya sejenak berpikir. Apakah yang menyebabkan negara ini, khususnya daerah Afrika bagian utara, begitu kerontang. Apakah memungkinkan untuk memompa air ke gurun Sahara untuk mengatasi kekeringan ini? Kalau memang bisa, daerah mana saja yang memungkinkan menjadi danau buatan di tengah gurun Sahara yang amat panas?

pump water to sahara
Peta yang baru apabila air laut dialirkan ke gurun Sahara

Ide memompa air ke gurun Sahara ini memungkinkan karena kondisi di beberapa area di gurun Sahara memiliki ketinggian di bawah permukaan laut. Apabila Tanah menuju daerah ini digali, lalu dibiarkan air lautnya mengalir, maka bisa dipastikan air bisa mengisi daerah di gurun Sahara.

Mengapa gurun Sahara menjadi begitu kering kerontang? Saya banyak bertanya mengenai hal ini. Kalau dirunut secara logika, gurun Sahara begitu kering karena tidak ada air hujan yang turun di area tersebut. Alasan mengapa air hujan tidak turun adalah karena kondisi udaranya yang begitu panas sehingga awan yang bergerak di atas gurun Sahara langsung menguap. Pada saat yang sama, keadaan menjadi begitu panas karena tidak ada penguapan di gurun Sahara. Ini adalah sebuah siklus yang tidak bisa diketahui mana kepala, mana ekor. Seperti hanya siapa yang duluan lahir, ayam atau telor. Adanya laut buatan, dengan cara memompa air ke gurun Sahara bisa saja menjadi solusi. Air laut akan memberikan efek pendinginan pada lingkungan sekitar, yang mana air laut di tengah gurun Sahara akan menguapa dan menjadi hujan di sekitarnya. Air hujan yang turun akan meresap ke tanah dan tanaman bisa tumbuh di daerah tersebut.

Dari peta di atas, dapat kita lihat bahwa daerah yang bisa diisi air laut adalah di negara Sudan, Libya, Algeria, Chad, Mali, Niger dan Mauritania. Dengan adanya danau di antara negara-negara tersebut, sepertinya kekeringan di gurun Sahara bisa dihentikan.

Secara tidak langsung, efek pemanasan global yang mana akan meningkatkan ketinggian permukaan air laut, memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah air lalut akan mengalir menuju gurun Sahara melalui dataran rendah, dan bila dibantu dengan kanal buatan, tentu saja akan lebih cepat mencapai sisi tengah gurun Sahara. Di masa depan tentu saja area ini bisa dihuni oleh manusia dan makhluk lainnya.

Leave a Reply