kumpulan motivasi belajar

Kumpulan Motivasi – 2. Belajar

Kumpulan Motivasi Belajar. Belajar dari apapun dan dari manapun. Belajar dari alam. Belajar dari manusia. Belajar dari binatang. Belajar dari langit. Belajar dari kamu.

Baca juga:

Belajar dari air tentang ketenangan
Belajar dari air tentang ketenangan

Dari air kita belajar ketenangan

Di dalam tempat yang rata  air akan bersifat tenang dan menempati semua ruang. Air akan selalu menempati tempat yang lebih rendah. Mengisi semua ruang yang ada. Lalu pelan-pelan ia akan berdiam dan tenang di sana.

Dari air kita belajar tentang ketenangan. Selama kita tidak diganggu, maka kita jangan mengganggu orang lain. Tetap tenang apapun yang terjadi. Apa yang terjadi, terjadilah.

Biarkan mengalir. Hingga nanti ia akan sampai pada tempatnya. Tempat yang menenangkan.

Dari batu kita belajar ketegaran

Batu tak pernah mengeluh sekalipun ia dihantam gelombang air laut. Ia tetap tegar dan kuat menghadapi kerasnya ombak. Hantaman air laut membuat batu semakin kuat dan tajam, menjadi karang.

Batu tercipta dari magma yang membeku. Ia awalnya panas. Lalu menjadi dingin dan mengeras.

Dari kupu-kupu kita belajar merubah diri

Kupu-kupu berasal dari kepompong. Ia berpuasa selama beberapa waktu lamanya untuk berubah dari ulat menjadi kupu-kupu. Ia berubah dari yang awalnya makhluk berbulu dan melata menjadi kupu-kupu yang indah dan bisa terbang.

Ia berubah dari makhluk yang biasa-biasa saja menjadi makhluk yang luar biasa dengan kemampuan jauh berbeda dengan sebelumnya. Dan mereka melalui proses yang namanya metaformosis.

Dari padi kita belajar rendah hati

Pakailah ilmu padi, makin berisi makin merunduk. Semakin matang gabahnya, padi akan semakin merunduk. Menandakan semakin penuh isinya.

Pun kita sebagai manusia, pintar-pintarlah menyembunyikan apa yang kita punya. Jangan sesumbar untuk suatu hal yang kita baru tahu tentang kulitnya saja. Lebih baik diam meski sudah tahu. Biacalah ketika perlu.

Dari Rasulullah kita belajar tentang kasih sayang yang sempurna

Dan darimu aku belajar kedewasaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *