Desa Kalisari Go Digital

Desa Kalisari Go Digital

Sejak dimulainya program PNPM Mandiri pada tahun 2009, Desa Kalisari Go Digital mulai unjuk gigi. Upaya ini dilanjutkan dengan program Dana Desa pada tahun 2014.

Perlu diketahui, Desa Kalisari berada di wilayah administrasi Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.  Desa ini berada kurang lebih 15 km dari pusat kota Purwokerto. Desa Kalisari bisa dijangkau dengan menggunakan bis dari terminal Purwokerto jurusan Ajibarang. Ketika bis sudah sampai di pertigaan menuju Curug Cipendok, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan angkutan perdesaan, atau yang biasa disebut dengan Koperades dengan tujuan Desa Kalisari.

Desa Kalisari lebih dikenal sebagai sentra penghasil tahu. Sebagian besar warganya berprofesi sebagai pengrajin tahu. Desa Kalisari memiliki kurang lebih 250 UKM yang semuanya memproduksi tahu. Jumlah ini sangat banyak karena memang usaha tahu sudah dimulai sejak jaman Belanda.

Baca juga tentang:

Lokasi geografis Desa Kalisari
Lokasi geografis Desa Kalisari

Usaha kerajinan tahu tidak hanya membuka lapangan pekerjaan bagi warga Desa Kalisari, namun juga bagi warga desa lain di sekitar Desa Kalisari. Warga desa lain datang dan kulak tahu untuk kemudian dijual di daerah lain seperti pasar Ajibarang, pasar Wangon, pasar Bumiayu. Selain dijual di pasar, tahu juga dijual secara keliling ke daerah lain, misalnya ke daerah Ajibarang, Karanglewas, Kedungbanteng, dan sebagainya.

Kepala Desa Kalisari, Aziz Masruri melihat potensi Desa Kalisari bukan hanya dari segi tahu saja. Namun banyak hal lain yang bisa dipromosikan. Pada tahun 2016, Desa Kalisari mengadakan festifal tahu untuk yang kedua kalinya. Acara ini memiliki beragam kegiatan diantaranya fashion show olahan tahu, perang tahu, stand up comedi, dan gala dinner Desa Kalisari. Festival ini selain untuk menarik wisatawan untuk datang, paling penting ialah supaya remaja Desa Kalisari mau meneruskan usaha tahu orang tua dan berwirausaha di bidang tahu dengan ilmu dan metode pemasaran yang lebih modern.

Tahu Kalisari
Tahu Kalisari. Sumber: kabardesa.com

Pada era seperti sekarang ini, digitalisasi penting sebagai upaya untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Produk bagus apabila tidak dipasarkan secara bagus maka tidak akan laku di masyarakat. Sebaliknya, suatu produk yang biasa-biasa saja namun dengan metode pemasaran yang tepat, maka produk akan dikenal dan peluang untuk diterima menjadi lebih besar.

Pemerintah di bawah komando Presiden Jokowi saat ini sangat serius terhadap pengembangan perdesaan. Salah satu buktinya adalah Dana Desa dari pemerintah yang diberikan kepada Pemdes Kalisari. Desa Kalisari memanfaatkan betul dana ini untuk pengembangan desa menjadi desa yang maju, melek teknologi dan terbuka. Setiap kegiatan didokumentasikan sebagai salah satu bentuk Desa Kalisari Go Digital.

Infografik APB (Anggaran Penerimaan dan Belanja) Desa Kalisari 2016.
Infografik APB (Anggaran Penerimaan dan Belanja) Desa Kalisari 2016. Sumber: soep.com

Selain dukungan dari pemerintah, tentunya proses digitalisasi perlu didukung oleh pihak swasta. Dalam proses digitalisasi, kita mengenal dengan yang namanya website, web hosting, domain, dan sebagainya. Untuk website, Desa Kalisari sudah memiliki website sendiri, yaitu << kalisari-banyumas.desa.id >>. ID Cloud Host sebagai salah satu usaha yang bergerak di bidang sewa Web Hosting Indonesia tentunya bisa membantu dalam hal pendampingan kepada para UKM yang bergerak dalam usaha tahu ini. Pendampingan ini bisa dilakukan dengan memberikan pelatihan internet marketing secara cuma-cuma, atau memberikan paket hosting murah kepada pelaku UKM. ID Cloud Host sudah terkenal sebagai penyedia Hosting Murah Indonesia sejak lama.

Manfaat yang bisa dipetik dari digitalisasi Desa Kalisari Go Digital adalah  masyarakat menjadi tahu bahwa sentra usaha tahu, khususnya di wilayah Kabupaten Banyumas ada di Desa Kalisari. Bagi warga yang ingin memulai usaha tahu bisa datang ke Desa Kalisari dan belajar disana. Bukan hanya soal tahu, namun juga proses pengolahan ampas tahu menjadi keripik juga merupakan peluang usaha yang belum banyak orang tahu.

Tahu Kalisari yang terkenal di seluruh Kabupaten Banyumas
Tahu Kalisari yang terkenal di seluruh Kabupaten Banyumas

Generasi muda yang telah mengenyam pendidikan tinggi di bangku universitas sangat diharapkan bisa kembali ke desa dan membangun desanya. Pola pikir yang lebih maju, wawasan mengenai dunia pemasaran yang lebih luas, dan tentunya didukung dengan kemajuan dunia digital adalah senjata yang ampuh untuk memajukan perdesaan. Siapa bilang desa tidak bisa maju, Desa Kalisari Go Digital buktinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *