15 Negara Bebas Visa di Middle East, Asia Tengah, Asia Selatan, dan Eropa

Total ada sekitar 15 negara bebas visa di Middle East, Asia Tengah, dan Eropa, bagi kita warga negara Indonesia (WNI). Informasi ini patut saya share karena banyak teman-teman yang sering bertanya kepada saya, negara-negara mana saja yang cocok dikunjungi. Khususnya dalam hal ini adalah negara di kawasan Middle East, Asia Tengah, Asia Selatan dan Eropa.

free visa country for indonesian in middle east

1. Turki

Turki adalah negara tujuan wisata ternama di kawasan Asia Barat. Secara geografis negara ini sangat strategis karena dekat dengan Middle East serta jembatan menuju Eropa. Tertarik kesana?
Turki menawarkan Visa on Arrival dengan masa kunjungan selama 30 hari dengan biaya $ 25. Informasinya bisa kamu baca disini >> http://www.mfa.gov.tr/visa-information-for-foreigners.en.mfa.
Untuk detail pengajuan visa ke Turki, silakan kunjungi website ini >> https://www.evisa.gov.tr/en/

2. Armenia

Informasi mengenai pengajuan Visa on Arrival ke Armenia bisa dibaca disini >> http://www.mfa.am/en/visa/.
Untuk pengajuannya, kunjungi website ini >> https://evisa.mfa.am.

3. Azerbaijan

Silakan baca disini untuk mengenai dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan Visa on Arrival di Azerbaijan >> https://www.ivisa.com/azerbaijan-visa?country=ID

4. Iran

Untuk mendapatkan Visa on Arrival dari Iran, kamu bisa mengunjungi website ini untuk lebih jelasnya >> https://www.iranianvisa.com/uponarr.htm. Biayanya $ 20 untuk warga negara Indonesia. Cukup murah bukan? Rupanya biayanya ini berbeda-beda tergantung negara asal.

5. Jordan

Jordan terkenal dengan wisata Danau Laut Mati dan reruntuhan kota tua Petra. Jordan menawarkan Visa on Arrival kepada WNI. Cocok lah kalau kamu habis umroh ke Mekkah, lalu lanjut berziarah ke Jordan.

3. Oman

Kunjungi website untuk mengetahui detail pengajuan Visa on Arrival di Oman >> https://www.rop.gov.om/visa/english/onlineservices_VisaApplication.aspx

4. Qatar

Qatar memberikan fasilitas Waives Entry Visa kepada 80 negara di dunia, termasuk Indonesia. Visa bisa didapatkan ketika kamu mendarat di bandara Sultan Hamad Airport. Langsung apply visa disana. Visa ini berlaku selama 30 hari dan bisa diperpanjang selama 30 hari lagi. Detailnya bisa kamu baca dari website Qatar Airways berikut >> https://www.qatarairways.com/en-us/press-releases/2017/Aug/qatar-waives-entry-visa-requirements-for–citizens-of-80-countri.html

8. Uzbekistan

Negara yang beribu kota di Samarkand ini terkenal dengan keindahan alam berupa pegunungan. Selain itu, negara ini juga amat kaya dengan peninggalan sejarah dari jaman Kubilai Khan, Kekaisaran Ottoman, Uni Soviet hingga sekarang menjadi negara yang merdeka.

9. Kyrgyztan

Sama seperti negara tetangganya, Uzbekistan, Kyrgyztan pun kaya akan keindahan alam. Negara ini juga begitu penting terutama pada masa lalu era Silk Road. Tempat yang terkenal untuk dikunjungi adalah Issyk Kul Lake.

10. Tajikistan

Negara berakhiran kata -stan ketiga yang menawarkan fasilitas Visa on Arrival bagi WNI ini juga merupakan landlock country. Yaitu negara yang terkunci dari dari lautan. Untuk mengetahui detail pengajuan Visa on Arrival dari negara Tajikistan, baca saja artikel ini >> https://www.visa.gov.tj/index.html.

11. Nepal

Visa on Arrival Nepal bisa didapatkan di bandara Tribhuvan International Airport. Begitu tiba di airport, langsung aja isi form aplikasi yang ada dan membayar di tempat yang ditunjuk. Biaya $ 25 (15 hari), $ 40 (30 hari), dan $ 100 (hari). Detailnya baca disini saja >> http://www.nepalimmigration.gov.np/content/tourist-visa.html

12. India

Negara yang terkenal dengan film Bollywood ini menawarkan eVisa kepada WNI. Untuk pengajuannya, kamu bisa membaca di halaman ini >> https://www.indianvisaonline.org.in/apply-visa.

13. Sri Lanka

Sri Lanka menawarkan Electronic Travel Authorization kepada WNI.  Untuk detailnya, kamu bisa mengunjungi website berikut ini >> https://www.eta.gov.lk/slvisa/visainfo/apply.jsp. Biayanya bervariasi tergantung berapa lama kamu akan stay di Sri Lanka. Kalau cuma transit visa selama 2 hari, gratis lho.

14. Belarus

Belarus memberikan fasilitas Free Entry Visa kepada WNI namun hanya untuk 5 hari. Lebih dari 5 hari kamu harus mengajukan visa perpanjangan dengan biaya 25 Euro. Baca saja prosedurnya dari website berikut >> https://www.visa.by/en/belarusian-visa/check-visa/indonesia.html.

15. Ukraina

Visa on Arrival Ukraina berlaku selama 15 hari untuk single entry. Detailnya, kamu bisa baca di website berikut >> http://mfa.gov.ua/en/consular-affairs/entering-ukraine/visa-boryspil.

16. Serbia

Serbia juga menawarkan Free Visa kepada warga negara Indonesia hingga 90 hari. Detail prosedur dan syarat pengajuan bisa kamu baca disini >> http://www.jakarta.mfa.gov.rs/consularservicestext.php?subaction=showfull&id=1348564159&ucat=17&template=MeniENG&.
Formulir pengajuannya bisa kamu download disini >> http://www.mfa.gov.rs/en/images/stories/pdf/visaform_lat.pdf

Itulah penjelasan secara singkat mengenai negara-negara bebas visa di Middle East, Asia Tengah, dan Eropa, bagi kita warga negara Indonesia (WNI). Namun peraturan tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu. Untuk lebih tahu lebih detail mengenai update dari masing-masing negara tujuan, lebih baik kamu kunjungi Embassy yang bersangkutan.

Leave a Reply